Sunday, December 31, 2017

Besaran, Satuan, dan Dimensi

Besaran dan Satuan

Besaran berasal dari kata besar, yang dalam Fisika berarti sesuatu yang memiliki nilai dan dapat diukur, contoh : panjang meja, luas sawah, suhu badan, volume tabung, dll. Menurut definisinya besaran dibedakan menjadi 2 yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang asli, sudah didefinisikan oleh para ilmuan, dan menjadi dasar untuk membentuk besaran turunan. Ada 7 besaran pokok. Berikut ini saya tuliskan urutan besaran pokok yang biasa ditulis di buku - buku referensi dan urutan berdasarkan hafalan yang biasa saya gunakan.

Urutan yang biasa ada di buku referensi

BESARAN POKOK SATUAN (SI) DIMENSI (SIMBOL)(SI)
Panjang  meter (m)
L
Massa  kilogram (kg)
M
Waktu sekon (s)
T
Suhu Kelvin (K)
θ
Kuat Arus Ampere (A)
I
Jumlah Zat mol
N
Intensitas Cahaya candela (cd)
N

Untuk Urutan berdasarkan hafalan saya itu biasa saya singkat dengan MasKu Pa' SuWarJI. Kalau ada yang namanya atau kerabatnya mirip seperti itu mohon yaa guys. hehe. itu jika disingkat menjadi
Mas = Massa
Ku = Kuat Arus
Pa' = Pa' njang
Su = Suhu
Wa = Waktu
J = Jumlah Zat
I = Intensitas cahaya

Untuk memasangkan satuan bisa agan lakukan sendiri yeee...

O iya maav lupa, di tabel atas sudah saya tuliskan pasangan satuan dan dimensi besaran. Untuk definisinya baru saya jelaskan di bawah ini. Maaph banget yee :v.

Satuan adalah merupakan pembanding dari suatu besaran. Misal satuan panjang kita dapat membandingkan satuan meter dan cm dimana kalau cm itu sama dengan nilai meter dikali 100. Dalam satuan kita mengenal satuan baku (SI = Sistem Internasional). dan sistem tidak baku (non SI). Atau ada yang menyebutnya sistem MKS untuk SI (diambilkan dari kata meter kiligram sekon) dan sistem CGS untuk non SI (diambilkan dari kata centimeter gram sekon).

Dimensi merupakan simbol dari suatu besaran. Dimensi dituliskan untuk memudahkan mengenali suatu besaran, khususnya dimensi besaran turunan nanti akan lebih mudah dikenali dari besaran pokok apakah besaran tersebut diturunkan.
Misal :

  1. Luas salah satunya memiliki rumus L = p x l jika diuraiakan menurut dimensinya
  2.           Luas =  L . L = L2
    sehingga dapat disimpulkan, bahwa Luas diturunkan dari besaran panjang. Pada penjelasan di atas dimensi lebar dituliskan L karena lebar dalam besaran pokok didefinisikan sebagai besaran pokok Panjang. Satuan lebar = satuan panjang. 
    Untuk diingat !!! NB !!! Besaran yang Satuannya Sama PASTI Memiliki Dimensi yang Sama

  3. Percepatan dapat didefinisikan perubahan kecepatan per waktu, dalam rumus dituliskan
  4.                
    Berdasarkan keterangan rumus di atas, dapat diketahui bahwa percepatan diturunkan dari besaran panjang dan waktu (L dan T). Pada penjelasan di atas dimensi jarak (s) dituliskan L karena jarak dalam besaran pokok didefinisikan sebagai besaran pokok Panjang. Satuan jarak = satuan panjang.  

  5. Energi salah satunya memiliki rumus Ep = m x g x h; dimana m adalah massa; g adalah percepatan gravitasi, dan h adalah ketinggian. Jika diuraiakan menurut dimensinya menjadi :
  6.                    Ep = M . L.T-2 . L = M . L2 . T-2

0 comments:

Post a Comment